Tutorial Pembuatan Prawn, bagian 1

featured prawn tuts 2

 

Hi, selamat datang di website baru saya TIOXIC.com

Website ini akan saya khususkan untuk portofolio saya, dan saya akan berusaha sharing tutorial maupun tips sculpting menggunakan zbrush untuk project yang saya buat kedepannya.

Pada blog pertama ini saya mau sharing bagaimana saya membuat fanart alien pada film district 9, yaitu prawn yang lama belum saya selesaikan. Fanart prawn ini sebenarnya sudah satu tahun yang lalu pengerjaannya, untuk mengikuti challenge alien fanart di sebuah grup facebook. Tetapi pengerjaannya masih sampai tahap modelling saja. Sehingga sekarang saya harus memberinya texture, pose, hingga finishing.

Workflow yang saya pergunakan pada proyek-proyek saya berbeda-beda meskipun intinya hampir sama. Untuk prawn ini sendiri saya berencana hanya akan merendernya menggunakan BPR di zbrush kemudian saya composite di photoshop. Alasan menggunakan BPR, karena cukup cepat dan tidak terlalu rumit untuk mengatur settingan render.

Tahapan awal untuk setiap proyek sama yaitu mencari referensi kemudian memulai dengan blocking siluet utama karakter, dilanjutkan dengan retopology. Kemudian model dirapikan dan didetailkan, serta diberi warna dengan polypainting. Pada model prawn ini saya tidak memberi UVW mapping karena nantinya model hanya saya olah di zbrush saja. Setelah polypainting selesai, model diberi pose, asesoris, pedestal, dan dirender menggunakan BPR. Setelah renderpass terkumpul selanjutnya di composite di photoshop.

1. Mengumpulkan Referensi

Referensi dibutuhkan butuhkan pada setiap pengerjaan karya. Untuk referensi alien Prawn sendiri saya tidak membatasi referensi hanya dari screenshot dari film, tapi juga mencari referensi traditional sculpt, action figure, hingga binatang. Binatang yang saya gunakan sebagai referensi adalah krustasea meliputi kepiting dan udang lobster.

2. Blocking Out

prawn a 1Fungsi utama dari blocking out sendiri adalah mendapatkan siluet atau bentuk utama dari model secara cepat sehingga detail tidak terlalu dihiraukan. Dimulai dengan menggunakan basemesh polysphere untuk dijadikan kepala, selanjutnya ditambah mesh lain menggunakan insert brush. Untuk mata dan torso saya menggunakan insert sphere selanjutnya untuk bagian abdomen/perut saya menggunakan cylinder, dan bagian bawah menggunakan cube. Bagian-bagian tersebut selanjutnya saya sesuaikan dengan referensi menggunakan move, move topo, maupun move elastic brush. Untuk tentakel di kepalanya saya menggunakan curve tube yang saya pinch ujungnya . Setelah itu saya split group tujuannya untuk menjadikan tiap bagian menjadi subtool yang berbeda-beda sehingga memudahkan untuk sculpting.

Untuk bagian torso dan head saya merge down menjadi satu bagian. Selanjutnya menyatukan keduanya menggunakan dynamesh dengan resolusi yang rendah, dan memulai blocking out menggunakan clay buildup dan move brush. Untuk bagian-bagian yang bersegmen saya menggunakan damstandart brush yang di-inverse (Alt) dan menambahnya dengan claytube. Seiring dengan menambah detail siluet saya menaikkan resolusi dynamesh.

prawn a 2

prawn a 3

prawn a 3 b

 

Untuk lebih menguatkan siluet, saya menggunakan mask lasso dan move brush untuk bagian-bagian yang bersegmen. Untuk segmen pada bagian dada, saya menggunakan transpose rotate pada bagian yang inverse mask untuk memberi kesan kedalaman lebih.

prawn a 4 prawn a 5prawn a 7

 

Untuk mengecek siluet saya biasa menggunakan warna hitam, untuk beberapa matcap seperti matcap gray, memiliki warna hitam yang flat sehingga sangat cocok untuk mengecek siluet dengan jelas. Untuk mengganti warna hitam untuk siluet dan normal (putih/abu-abu) saya menggunakan kedua warna tersebut pada pallet, dan untuk menggantinya cukup menekan hotkey V. Setelah siluet dirasa cukup, maka masuk ke tahap retopology.

 

 

  • Saya terbiasa sculpting dengan mematikan perspektif, dikarenakan pada kondisi-kondisi tertentu seperti sculpt bagian yang tampak bawah (seperti bagian telapak kaki), apabila perspektif dinyalakan maka akan terjadi perbedaan Z intensity yang cukup mengganggu. Perspektif saya nyalakan pada kondisi-kondisi tertentu untuk mendapatkan gambaran berbeda pada model, selain itu juga saya nyalakan saat memberikan pose pada model.

prawn a 6

 

icon_next_tioxic

 

 

Comments

comments